Nurhasanah, Perempuan Cerdas itu Harus

Pelajar NU Cirebon Gelar Bedah Buku “Benturan NU-PKI”
08/25/2017
Mahasiswa Bunga Bangsa Cirebon Berantas Buta Huruf Alquran
09/17/2017

ENTAH akan berkarir apa atau menjadi ibu rumah tangga, wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak cerdas.” Kutipan dari artis Dian Sastro itu mengungkapkan bahwa menjadi cerdas bagi perempuan itu suatu keharusan.

Nurhasanah, mahasiswi Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon pun setuju dengan pendapat itu. Menurutnya, perempuan itu harus cantik, cerdas dan sukses. “Kecerdasan yang dimaksud bukan sekadar kecerdasan akademik semata, tetapi perempuan yang cerdas mampu menjadi benteng bagi pengaruh negatif dari luar,” ujarnya.

Tak cukup hanya cantik, cerdas dan sukses, kata dia, perempuan juga mampu menjadi sosok yang tangguh. Baik jasmani, sosial, maupun ekonomi. Secara jasmani ketangguhan seorang muslimah ditampakkan lewat badan sehat dan bugar. Secara sosial, perempuan masa kini mampu menjadi sosok yang pandai menempatkan diri di lingkungan. “Menjaga akhlaknya, pandai membagi waktu, serta bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Sedangkan, dalam hal ekonomi, ada baiknya perempuan juga memiliki kemandirian. Dengan menggunakan ilmu yang dimilikinya, Nurhasanah menilai, perempuan bisa membantu meringankan beban keluarga. “Entah dengan bekerja di luar atau di dalam rumah, asal itu positif dan bermanfaat,” katanya. (mik)