Mahasiswa Bunga Bangsa Cirebon Berantas Buta Huruf Alquran

Nurhasanah, Perempuan Cerdas itu Harus
08/25/2017
IAI Bunga Bangsa Cirebon Mewisuda 309 Sarjana
04/13/2018

CIREBON – Mahasiswa berbagai jurusan Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC) melaksanakan kuliah pengabdian masyarakat (KPM) berbasis keagamaan. Salah satunya di Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

Koordinator KPM Desa Gamel, Ada Mansur menuturkan, kuliah pengabdian masyarakat merupakan salat satu fungsi tri dharma perguruan tinggi IAI BBC. Dalam KPM, mahasiswa langsung berinteraksi dengan masyarakat.

“Dengan KPM, kami sebagai mahasiswa dan dosen pembimbing berkeinginan untuk terus menyinergikan program-prorgam sosial kemasyarakatan dalam upaya pemberdayaan,” ungkap Mansur kepada Radar, Kamis (11/8).

Pemberdayaan masyarakat melalui KPM berbasis keagamaan berfungsi sebagai media belajar bersama. Banyak program yang tengah dan akan dilakukan. Di antaranya memberantas buta huruf dan baca tulis Alquran.

Kemudian menghasilkan pendidik Islam profesional berbasis teknologi, meningkatkan keterampilan keagamaan. Terciptanya kegiatan budaya kearifan lokal dan penanaman cinta Tanah Air.

“Semua kegiatan akan dilakukan dalam rangka penyebaran informasi teknologi dan inplementasi iptek,” kata Mansur.

Putra Taruna Joyo Negoro, yang juga anggota KPM Desa Gamel menambahkan, akan turut serta memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-71. Tujuannya agar dapat berbaur dengan masyarakat Desa Gamel.

“Kami terus berinisiatif supaya seluruh kegiatan bisa mengena ke masyarakat. Bahkan Pjs kuwu Desa Gamel juga sangat mengapresiasi kegiatan positif yang kami jalankan. Karena kegiatan kami sangat sejalan dengan visi dan misi Desa Gamel,” tukasnya. (via)