IAI BBC SELENGGARAKAN LEADERSHIP TRAINING

Hari Selasa, 14 September 2021, menjadi hari pembuka bagi kegiatan Leadership Training. Kegiatan yang diseleggarakan di Kampus IAI Bunga Bangsa Cirebon berlangsung selama empat hari berturut-turut, mulai dari tanggal 14 September 2021 hingga 18 September 2021.

Kegiatan ini mengusung tema “Be Great Leader in Digital Era” dengan diikuti oleh 485 peserta yang merupakan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menjadi pemantik semangat mahasiswa dalam membentuk pribadi yang berjiwa pemimpin. Sehingga, ke depannya mahasiswa mampu mengaktualisasikan diri dari bekal yang didapat selama training.

Acara dibuka langsung oleh Rektor IAI BBC. Dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap mahasiswa harus memiliki jiwa dan semangat leader atau pemimpin. Pemimpin bagi dirinya, pemimpin di tengah masyarakat, dan menjadi pemimpin dalam skala yang jauh lebih besar. Pemimpin masa depan bangsa bahkan pemimpin dunia. Hal ini, tidak lain adalah implementasi dari peran manusia, yakni dari ayat dalam al-Qur’an Qs. al-Baqarah/2: 30. “Sesungguhnya Aku jadikan manusia sebagai Khalifah (pemimpin).”

Rektor juga menyampaikan, bahwa setiap mahasiswa wajib menanamkan dalam dirinya apa yang disebut dengan Tri-Nilai. Pertama adalah Nilai Kebangsaan. Nilai kebangsaan yakni cinta tanah air dan fokus dan mempunyai tujuan membangun dan memajukan negeri. Bukan sebaliknya. Kedua, Nilai Kepemimpinan. Nilai-nilai yang dimiliki pemimpin adalah integritas, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan berkomunikasi dengan baik.

Dan ketiga yaitu Nilai Kebersamaan. Gotong royong, saling membantu, saling menghormati, dan saling melayani. Dengan demikian, akan terbentuk suatu ikatan yang saling menguatkan satu sama lain yang terjalin antarmahasiswa. Hingga di kemudian hari, membentuk jaringan ketika sudah lulus dan menjadi alumni yang mendukung lainnya.

Kegiatan ini diisi oleh tim yang terdiri dari dosen-dosen IAI BBC yang mumpuni dan dikemas dengan materi dan metode yang interaktif dan kreatif serta pastisipatif dengan peserta. Sehingga, selama materi berlangsung, peserta antusias dan dengan khidmat mengikuti hingga acara selesai.

Selain dibekali materi leadership, pada kegiatan training ini peserta diberikan keleluasaan untuk mengetahui dan mengikuti secara aktif organisasi-organisasi mahasiswa yang ada di IAI BBC, baik itu internal maupun eksternal. Lebih dari 15 organisasi mahasiswa yang ada di IAI BBC berkesempatan mengenalkan dan mendemonstrasikan kegiatan dan program mereka di stand yang telah disediakan secara khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.